Select Menu





Sehubungan dengan populernya artikel ini di google sejak tahun 2011 : Kursus Photography Bali, sampai saat inipun kami masih menerima banyak sekali email ataupun telp yang bertanya tentang kursus photography. Waktu tahun 2011, terus terang kami punya cukup banyak waktu. Karena job saat itu tidak terlalu banyak hehe. Jadi masih punya waktu untuk membuat dan mengajar kelas reguler yang saat itu kami buat 10x pertemuan @2 jam. Materinya saat itu adalah 3x pertemuan teori dasar photography, 5x praktek lapangan, dan 2 editing dengan biaya kursus 1,5jt.








Sejak tahun 2012 hingga sekarang, mulailah hal ini menjadi dilema. Jumlah job setiap bulan yang semakin meningkat membuat kami kewalahan untuk mengatur jam mengajar kelas reguler. Beberapa murid bahkan terbengkalai karena dari 10x pertemuan yang dijadwalkan, kadang hanya 3-5x pertemuan saja karena sulit untuk menemukan waktu yang pas. Untuk hal ini kami meminta maaf sebesar-besarnya untuk murid-murid yang waktu pertemuannya kurang. Silahkan hubungi saya kapan saja untuk saling mencocokkan waktu pertemuannya kembali.






Tahun 2013, jumlah job makin meningkat lagi (hehehe). Akhirnya kami putuskan untuk tidak ada lagi kelas reguler yang 10x pertemuan itu. Awalnya kami ingin sekalian hapus divisi kursus ini, tapi karena masih banyak yang minta jadi gak tega nolak. Beberapa sepertinya memang niat sekali ingin belajar photography, sampai hampir tiap hari pm : kapan bisa mulai kursus haha. Jadinya kami putuskan tetap membuka kelas photography, namun dengan sistem private. Dari pengalaman kami mengajar beberapa kelas private, ternyata 10x pertemuan itu bisa dipepet menjadi hanya 2 hari saja. Hari pertama setara dengan 3x pertemuan teori dan 2x sesi praktek. Hari kedua setara dengan dengan 3x sesi praktek lapangan dan 2x sesi editing. Jadi berikut sistem yang akan kami berlakukan untuk kelas praktek.








Untuk kelas basic photography, dalam artian sama sekali baru dalam dunia photography, biaya kursus privatenya adalah 2jt untuk 2 hari. Hari pertama dimulai siang sampai sore untuk teori basic photography. Ini adalah fundamental yang sangat sangat penting dalam dunia photography. Kemudian lanjut praktek memotret sunset hingga ke sesi praktek night shoot. Hari kedua dari pagi hingga siang adalah praktek lapangan yang temanya silahkan dipilih sendiri sesuai dengan selera / keinginannya belajar photography. Misalnya yang ingin belajar motret model ayo kita motret model. Yang ingin belajar motret landscape ayo kita landscaping. Yang ingin belajar motret food ayo kita sekalian wisata kuliner (hehehehe). Intinya praktek hari kedua adalah pilihan kalian. Pengajarnya untuk hari kedua ini juga bisa dipilih sesuai keinginan kalian. Siangnya setelah makan siang kita lanjutkan ke sesi editing sampai sore. Jadi 2 hari ternyata cukup kan ?







Q : Apakah harinya harus berurutan ?
A : Tidak juga. Kita sesuaikan dengan jadwal masing-masing. Kalau misalnya karena kerja di kantor bisanya hanya sabtu dan minggu dan kebetulan kami di pengajar tidak ada job sabtu dan minggu yang dipilih ya ayolah hehe. Tapi kalau pas ada job mungkin minggu pertama adalah sabtu dan minggu kedua adalah minggu. Ini contoh saja

Q : Siapa saja pengajarnya ?
A : Pengajar utama saat ini adalah Agus Putu Pranayoga, Wisnu Adinata, Gede Lila Kantiana, dan Dharma Jaya

Q : Tempat belajarnya dimana ?
A : Namanya private sih bisa dimana saja. Mau di rumah juga bisa. Mau di cafe sambil nongkrong n minum kopi juga bisa hahaha. Kalau mau di studio kami boleh. Kalau di Denpasar di jl.Seroja gg.Anggada no.15. Kalau di Singaraja di jl. Angsoka no.17

Q :  Biayanya mahal...
A : Mahal dan murah relatif. Yang kalian bayar dan hargai adalah waktu dan pengalaman bertahun-tahun dari pengajar tersebut hingga mencapai hasil mereka sekarang. Ingin belajar otodidak bertahun-tahun hingga mencapai hasil seperti itu? atau hanya belajar private beberapa hari bisa mencapai hasil seperti itu ? Kembali itu adalah pilihan kalian.

Q : Apakah para pengajar ini pelit ilmu sampai belajar saja harus bayar?
A : Hahahaha.. para pengajar tidak pelit ilmu kok. Yang kalian bayar adalah "waktu" kami. Mungkin hari itu seharusnya kami bisa mengerjakan job lain yang nilainya jauh lebih tinggi dari pendapatan mengajar. Kalau seandainya pas kami sedang free tidak ada job dan kalian ingin datang ke tempat kami untuk tanya-tanya silahkan. gratis! begitupula mungkin ketemu pada saat hunting bareng dan ingin tanya-tanya juga silahkan. gratis kok ! kami tidak pelit ilmu. Selama kami ada waktu luang diluar job. Tapi begitu kalian meminta "waktu spesial" kami hanya untuk kalian, tentu ada harga yang harus dibayar.

Q : Kalau sudah paham basic photography tapi hanya ingin private praktek dan editing langsung dengan pengajar yang dipilih bisa?
A : Bisa. Biayanya adalah 1jt/hari. Praktek dan editing.

Q : Biaya-biaya yang mungkin terjadi waktu praktek tanggungan siapa?
A : Kalau untuk makan pribadi ya tanggungan masing-masing lah hehe. Kalau misalnya ingin praktek model dan ingin menggunakan model professional, silahkan murid yang menanggung biaya modelnya. Kalau ingin motret food ya silahkan murid yang bayar makanannya hehe

Q : Apakah ada kelas khusus seperti kelas photography dengan pocket kamera ?
A : Ada, bisa kita atur. Biaya kursus juga tidak semahal menggunakan DSLR. Artikel tentang itu juga ada disini : http://www.pranayogaphoto.com/2013/04/cara-photo-bagus-dengan-pocket-camera.html

Q : Saya belum punya kamera. Apakah bisa kursus?
A : Bisa. Selama jam mengajar akan kami pinjamkan kamera kami. Canon, Nikon, Sony, ada semua.

Q : Pendaftaran dan pembayarannya bagaimana ?
A : Pendaftaran silahkan melalui email ke info@visualbali.com atau via sms/whatsapp ke 081 797 88899. Pembayaran bisa transfer sebelum kursus dimulai atau diberikan pada saat kursus.








0 komentar:

Posting Komentar

 
Top